PENCAK SILAT SEBAGAI SENI

Kalau sikap dan gerak dan gerak bela diri dilakukan untuk melindungi diri....

Maka dalam ibing / tari, seni pencak, sikap dan gerak itu dilakukan untuk (kenikmatan penari/pesilat) yang bergerak mengikuti irama (musik) p[encak, dan jangtan lupa untuk menikmati penonton yang melihat dan menyaksikan pencak silat sebagai hiburan. Mudah dipahami gerakan dan sikap dalam ibing atau tarian, walaupun bersumber pada bela diri, mempunyai perbedaan-perbedan. Pada umumnya, sikap dan gerakan pada ibing/kembangan lebih terbuka, lebih distilasi, dan dilakukan dalam irama yang metrikal.
                Sebagai alat beladiri pencak silat khusus memusatkan segala gerakan mengunakan semua panca indranya kepada lawan kepada lawan yang dihadapinya, meliputi; tenaga dan pikirannya dirahkan kepada soal mengalahkan  lawan dal waktu yang singkat, tenaga yang efesien, dan keluar tanpa cidra....... maka dalam beladiri..... segalatindakan harus hati-hati, jangan ceroboh, jangan mengganggap enteng. TETAPI dalam seni pencak lain keadaannya. Tidak ada resiko apa-apa selain dikatan orang MENARIK atau TIDAK dam memperagakan silatnya. Sekedar untuk menjaga nama aliran dan perguruannya, penari ibing silat harus menyesuaikan apa yang dipelajari dengan irama yang ada.
                Pencak dan tari merupakan suatu ekspresi yang tali temali yang saling mengisi karena kedua-duanya mempergunakan tubuh sebagai objeknya, disamping ketajaman pikiran dan perasaan yang selalu berdampingansewaktu orang melaksanakan atau melakuklan peragaan, ditambah dengan katahanan fisik dan keuletan melakukan gerakan tersebut.
                       
              Banyak budayawan, pendekar, dan guru pencak silat yang mempunyai presepsi yang berbeda-beda mengenai proses akulturasi antara gerakan pencak silat dan gerakan tari. Perbedaan pendapat antar pendekar – pendekar diwarnai oleh filsafah masing-masing perguruan dan inti gerakan pencak silat seni yang memilikinya. 

Berikut adalah beberapa contoh kesenian Beladiri pencak silat yang ada di Indonesia :


No comments:

Post a Comment

PERATURAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA

Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia dilakukan berdasarkan rasa persaudaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur-...